Tuesday, October 25, 2011

LBT#9: CHOUX PASTRY


Saat saya mengerjakan ini sekitar seminggu yang lalu, PR LBT#10 sudah mau diumumkan lagi, saya baru bisa upload PR LBT#9 ini, alhamdulillah :)
Karena terjatuh dari motor beberapa hari sebelum deadline PR dikumpulkan menyebabkan saya seminggu gak bisa baking. Pas saatnya baking ternyata kamera gak bisa kompromi. Ya sudah bersabar saja...

Sebagai host, saya usahakan untuk tidak bolos mengerjakan PR jika memang tidak ada halangan yang benar2 urgent dan tidak bisa saya kendalikan.
Jadi sekarang biarpun terlambat tapi saya tetap buat PR-nya ^__^
Semoga ke depannya saya gak terlambat seperti ini lagi.


Tema LBT#9 kali ini adalah Choux Pastry (Pate a Choux) atau yang biasa kita kenal dengan kue soes dan variasinya, semisal eclair, profiterole, croquembouche, paris brest, atau di Amerika biasa disebut creme puff.

Saya memilih membuat profiteroles karena bentuknya yang bite size sehingga tidak perlu mengisi terlalu banyak cream di dalamnya. Juga enak tinggal lep, hehee...
Profiteroles ini sama dengan kue soes yaitu berbentuk bulat seperti kubis hanya saja ukurannya lebih kecil, bisa diberi isian pastry cream, ice cream atau sesuai selera. Bagian atasnya dicelup ke coklat cair seperti eclair. Tapi karena saya ingin menonjolkan warna warninya, jadi atasnya hanya saya coret coret dengan dark chocolate cair saja.
Untuk isiannya karena masih ada sisa ganache di kulkas, jadi saya manfaatkan saja sebagai filling profiteroles ini :)

Selama proses pembuatannya Nadhifa ikut serta. Nanti gambar yang lebih lengkap saya posting di blog. Dan kulit choux pastry-nya dari sejak baru matang dan sewaktu mengisi fillingnya entah sudah berapa biji yang masuk mulutnya, hihihiihiiii....

(Setia menemani bunda sampe lepek keringetan di dapur, hihihiiii...)

So... Here's the recipe...

(Look at those colorful chouxs ^__^)

RAINBOW PROFITEROLES
by Ricke Indriani

Choux Pastry:
200 ml air
100 gram margarin/salted butter (biar terasa gurih dan tidak hambar)
1/4 sdt garam
1 sdm gula pasir
125 gram terigu protein sedang/all purpose, ayak
3 butir telur ukuran besar (atau 4 butir jika telurnya kecil), kocok lepas
Beberapa tetes pewarna makanan/food coloring sesuai selera
Kantong segitiga/piping bag, spuit bintang kecil (saya pakai wilton no.22)

Chocolate Ganache Cream:
100 gram whip cream bubuk
150 ml air es
150 gram dark chocolate
1 sdm unsalted butter

Dark chocolate, lelehkan untuk topping

(The process)

Cara membuat:
Choux pastry:
1. Campur air, margarin/butter, garam dan gula pasir. Didihkan di atas api kecil.
2. Matikan api, masukkan terigu. Aduk rata dengan sendok kayu hingga tercampur dengan baik. Nyalakan kembali api kecil saja, masak adonan sambil diaduk-aduk hingga kalis (adonan sudah tidak menempel lagi di panci). Angkat dan dinginkan.
3. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas sedikit demi sedikit secara bertahap sambil adonan dimixer dengan kecepatan rendah. Jika dirasa adonan sudah cukup lembut untuk dispuit dan telur masih bersisa, hentikan penambahan telur karena adonan akan terlalu cair dan susah untuk dispuit.
4. Bagi menjadi beberapa bagian. Beri pewarna makanan sesuai selera. Aduk rata. Masukkan ke dalam kantong segitiga. Spuitkan kecil2 ke atas loyang yang telah dioles margarin tipis. Beri jarak yang cukup satu sama lain.
5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200'C selama kurang lebih 20 menit. Sesuaikan dengan oven masing-masing. Jika terlihat adonan sudah mengembang kokoh dan busa yang terdapat pada adonan sudah hilang berarti kue sudah matang dan siap dikeluarkan.
6. Dinginkan di rak kawat.

Ganache cream:
Lelehkan dark chocolate dan unsalted butter. Biarkan hingga agak dingin.
Kocok whip cream dan air es hingga mengembang. Masukkan coklat cair sambil dikocok hingga rata. Siap dipakai.

Penyelesaian:
Gunting choux pastry yang telah dingin, jangan terputus. Semprotkan ganache cream secukupnya. Lakukan hingga semua terisi.
Coret-coret bagian atasnya dengan dark chocolate leleh atau bisa juga dicelupkan.
Sajikan dingin lebih nikmat.

(This is it! ^__^)

Note: Adonan dasar ini bisa untuk membuat macam-macam variasi choux pastry lainnya misalnya soes vla (cream puff), eclair, dsb.

Selamat mencoba ^__^

Salam LBT!

No comments:

Post a Comment