Monday, May 16, 2011

SAMBAL UDANG TELUR PUYUH


Ahhhh... Saya memang suka banget sama masakan yang satu ini. Bisa lupa diri klo sudah makan ini bersama nasi panas, bisa nambah dan nambah lagi. Buat yang lagi diet tentu akan merusak diet Anda, xixixiixiiiii....
Sebagai teman makan nasi tanpa lauk atau sayur lainnya sudah cukup buat saya, hehehee...

Ibu saya termasuk yang sering membuat sambal udang telur puyuh ini. Dan saya memang sudah jarang masak yang pedas-pedas sejak Nadhifa sudah bisa makan nasi, soalnya suka malas bikin masakan jadi banyak macem pedas dan tidak pedas, hihihiii... Pemalas :p
Selain itu juga karena suami saya sekarang sedang tidak bisa makan makanan yang terlalu pedas, tenggorokannya tidak kuat.
Tapi boleh lah sekali-kali memanjakan lidah sendiri. Hari Minggu kemarin saya sengaja memasak ini saat di warung sayur melihat sekeranjang telur puyuh, langsung deh beli seperempat kilo khusus untuk dimasak sambal udang telur puyuh ini ^__^
Untuk Nadhifa dan Abinya saya juga memasak gurame goreng dan tumis kangkung gak pake pedas ;)

Resepnya pakai resep Bu Fatmah NCC, tapi dimodifikasi sesuai dengan bahan yang ada dan selera. Memang benar kata Bu Fat, it's miroso! :D
Resep asli bisa dilihat disini.

Sambal Udang Telur Puyuh
Adapted from Fatmah Bahalwan NCC, modified by Ricke

Bahan:
250 gram udang, kupas
1/2 buah jeruk nipis
Sedikit garam dan merica bubuk untuk seasoning
250 gram telur puyuh, rebus sampai matang dan kupas
1 papan petai, iris memanjang ~ skip saja bila tak suka :)

1 batang sereh, geprek
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 ruas lenguas, geprek
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk

Bumbu halus:
6 buah cabai merah besar
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
1. Lumuri udang dengan air jeruk nipis, garam dan merica bubuk. Sisihkan.
2 Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus, sereh, daun salam, daun jeruk dan lengkuas sampai harum. Masukkan udang. Aduk rata dan masak hingga berubah warna. Beri garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak terus hingga bumbu tanak/matang.
3. Masukkan telur puyuh. Aduk hingga rata. Angkat dan sajikan.

Simply delicious! ^__^

No comments:

Post a Comment