Sunday, October 24, 2010

PEPES JAMUR ATI AMPELA



Postingan telat :D
Ini bikinnya pas weekend kemarin, sudah upload di Facebook tapi blum sempat update di blog, heheee...

Ini adalah pepes jamur ati ampela yang saya buat kemarin untuk daily menu. Ibu saya dan almarhum ibu mertua saya sering membuat pepes ati ampela, tapi tanpa jamur. Saya dan suami suka sekali dengan makanan yang satu ini. Bila tidak suka ati ampela, bisa diganti dengan ayam yang dipotong kecil atau disuwir. Pokoknya disesuaikan aja dengan selera masing-masing deh.

Yang mau resepnya, silahkan dicoba... Resep ini diadaptasi dari Tabloid Saji tetapi sudah dimodifikasi sesuai selera.



Bahan:
200 gram jamur merang (strawberry mushroom), potong-potong
5 pasang ati ampela, direbus dan potong-potong
2 batang kemangi, petiki daunnya
1 batang daun bawang, potong-potong 1 cm
4 buah cabai rawit, iris-iris (aku gak pakai)
1 butir telur, kocok lepas
50 ml santan kental (aku pakai Kara kemasan kecil isi 60 ml)
2 sdt garam (atau sesuai selera)
3/4 sdt gula pasir
5 lembar daun salam, potong-potong
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabe merah (aku gak pakai)
4 butir kemiri, memarkan, sangrai
1 cm jahe
2 cm kunyit, bakar

Cara membuat:
1. Campur jamur, ati ampela rebus, cabai rawit, kemangi dan daun bawang. Aduk rata.
2. Tambahkan telur, santan, garam, gula pasir dan bumbu halus. Aduk rata.
3. Ambil daun pisang. Beri campuran jamur dan ati ampela. Selipkan 1 potong daun salam. Bungkus pepes. Sematkan kedua ujungnya dengan lidi/tusuk gigi.
4. Kukus selama 20-30 menit dengan api sedang hingga matang.
5. Bakar sambil dibolak-balik kedua sisinya hingga harum dan daun pisang agak gosong. (Aku panggang menggunakan wajan teflon datar yang telah dipanaskan tanpa dioles apa-apa).
6. Sajikan. Bisa dicocol dengan saus sambal botolan atau sambal terasi.

Selamat mencoba! ^_^

No comments:

Post a Comment